artikel

Rabu, 10 Oktober 2012

penggunaan Javascript

                   Minggu lalu kan saya post tetang penggunaan dan perbedaan HTML VS HTML5,sekarang saya mau post sesuatu yang masih berhubungan dengan pembuatan web dan HTML5 yaitu javascript.
                  Pertama-tama saya mau mulai dengan pengertian dari javascript itu sendiri. Kalau kita lihat dari suku katanya javascript terdiri dari 2 suku kata yaitu java yang berarti bahasa pemrograman berorientasi objek dan script yaitu serangkaian intruksi program,untuk lebih jelasnya pengertian javascript itu adalah bahsa pemrograman yang khusus untuk halaman web agar halaman web menjadi lebih hidup.
                 kalian kan udah tau tuh pengertian dari javascript,sekarang aku mau kasih tau sedikit nih cara penggunaan javascript itu sendiri,yaitu:
  1.penulisan tag javascript
                Javascript biasanya di tulis dalam bentuk fungsi yang di taruh pada tag<head> yang di awalin dengan tag  <script type="text/javasscript">...........</script>.
   2. javascript pada bagian head 
               biasanya cript yang diletakan pada bagian head akan selalu di jalankan terlebih dahulu.
 contohnya:
    <html>
    <head>
         <script type="text/jacascript">
         ....................
        </script>
    </head>
    </html>
  3.javascript pada tag body
          biasanya javascript akan di load/dijalankan ketika sudah mencapai halaman body,jadi harus melewati halaman head terlebih dahulu.
contohnya:
  <html>
    <head>
       <body>
         <script type="text/jacascript">
         ....................
        </script>
        </body>
    </head>
    </html>

catatan: dalam penulisan javascript haruslah di perhatikan karena javascript sangatlah sensitif seperti  bahasa pemrograman yaitu C++.Jadi huruf besar dan huruf kecil sangatlah berpengaruh terhadap javascript.

sekian dari saya,semoga informasi ini bisa sedikit membantu anda....^^
terima kasih.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar